Sejarah Tapa’ Toyogo Momong

0
829
Tapa' Toyogo Momong yang konon lokasi inilah Raja pertama suku Bolaang Mongondow ditemukan oleh Bogani penguasa Bumbungon.FOTO: DOK
Tapa' Toyogo Momong yang konon lokasi inilah Raja pertama suku Bolaang Mongondow ditemukan oleh Bogani penguasa Bumbungon.FOTO: DOK
Tapa’ Toyogo Momong yang konon lokasi inilah Raja pertama suku Bolaang Mongondow ditemukan oleh Bogani penguasa Bumbungon.FOTO: DOK

TOTABUANEWS.COM, Tapa Toyogo Momong adalah sebuah genangan air yang menyerupai kolam, namun ukuran tapa’ ini sedikit lebih besar dan panjang. Biasanya tapa’ banyak dihidupi oleh ikan-ikan, seperti ikan gabus dan lele. Tak berbeda pula dengan tapa’ yang bernama Toyogo Momong, tapa ini terletak di samping gunung keramat Bumbungon dan membentang kurang lebih 500 meter, hanya saja sudah terebagi dua karena adanya pembuatan jalan Amurang Kotamobagu Doloduo (AKD).

Menurut sejarah tertulis hasil karya H M Taulu dan A U Sepang, bahwa tapa’ toyogo momong ini adalah saksi bisu, dimana lokasi ini adalah tempat ditemukannya penguasa pertama Suku Bolaang Mongondow yaitu Punu Mokodoludut, Ia ditemukan oleh Bogani penguasa Bumbungon Amaliye dan isterinya Inaliye.

Saat itu Bogani Amaliye dan isterinya Imaliye pergi mencari ikan di sungai mati (tapa’) Toyogo Momong, yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal mereka yaitu Gunung Keramat Bumbungon. Setelah dalam perjalanan pulang, Bogani Amaliye dan Inaliye melihat ada benda yang menyerupai telur burung duduk terletak di atas tumpukan ranting.

Setelah diamati lebih dekat oleh pasangan penguasa negeri bumbungon itu, ternyata benda yang berada di atas tumpukan ranting itu adalah bayi kecil yang kemungkinan baru lahir karena masih terbungkus selaput plasenta dan bentuknya hampir menyerupai telur burung duduk. Kemudian Bogani Amaliye meletakkan bayi tersebut diatas kampit yang terbuat dari rotan.

Setelah menjelang beberapa hari sesudah penemuan bayi itu, terjadi dentuman keras disertai petir, mendengar kejadian aneh itu, para bogani didaerah lain seperti Bogani Pogayow ditudu’in passi, Bogani Binongkuyu di tudu in Bakid Pontodon, Bogani Lingkit di tudu in Yanggat, Bogani Dondo di tudu in Bilalang, Bogani Mogedag dan Bulumondow di tudu in Lolayan, Bogani Bolongkasi di tudu in Buluan, Bogani Rondong dan Bongiloy di Polian, Bogani Manggopa Kilat dan Salamatiti di Dumoga Moloben, Bogani Inde’Dou di pesisir pantai timur boltim, dan Bogani Damogedag di tudu in Babo. Dengan mendengar (dentuman red), mereka datang untuk mencari tahu apa yang terjadi diwilayah Bogani Amaliye dan Inaliye.

Ternyata mereka mengetahui bahwa dirumah bogani penguasa Bumbungon terdapat seorang bayi kecil yang ditemukan mereka diatas sebuah (kampit red), sehingga pada saat itu juga para bogani bermusyawarah dan memutuskan bahwa yang akan mengasuh bayi itu adalah Bogani Amaliye dan isterinya Inaliye. Bayi itu diberi nama Mokodoludut. Itulah sekilas tentang keberadaan Tapa’ Toyogo Momong.(ucg)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.