Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Ikuti Sosialisasi Pengenalan Penyakit Jantung

0
13

TNews.com, Labuhanbatu- Bupati Labuhanbatu, dr.H.Erik Adtrada Ritonga,MKM dan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd.MM mengikuti sosialisasi penyakit jantung bersama Perhimpunan Dokter Spesialis Jantung Dan Pembuluh Darah (PERKI) Sumatera Utara secara virtual di Ruang rapat bupati, Jalan SM Raja, Kecamatan Rantau Selatan, Senin (15/05/2023).

Perwakilan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Jantung Dan Pembuluh Darah (PERKI) Provinsi Sumatera Utara Anggi Chairuddin Lubis menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan yang dilakukan terhadap penyakit jantung di tempat kerja, sekaligus memberikan edukasi.

Menurutnya, gaya hidup mewah dan pola hidup yang tidak sehat seperti kurang berolahraga, konsumsi alkohol, kebiasaan merokok serta mengkonsumsi makanan yang kurang sehat menjadi salah satu faktor dalam resiko penyebab datangnya jantung koroner.

Bahkan, kata Anggi, dari hasil penelitian membuktikan, pola hidup pasif seperti banyak berdiam diri, duduk santai terus menerus daripada bergerak seperti berolahraga juga dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit jantung koroner.

“Penelitian menyatakan, gaya hidup pasif, yaitu gaya hidup yang lebih banyak duduk daripada bergerak, ternyata juga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner,” katanya.

Ia juga menjelaskan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan bentuk penyuluhan pendidikan untuk daerah di Labuhanbatu, serta melakukan pelatihan Basic Class Sport atau pertolongan pertama untuk awam maupun medis.

“Ini adalah program yang kami jalankan selama ini. Nantinya, kami akan melakukan Roadshow di Labuhanbatu untuk kegiatan sosialisasi ini, baik di instansi pemerintahan maupun di sekolah-sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Labuhanbatu, dr.H.Erik Adtrada Ritonga,MKM mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada PERKI Sumut atas kepeduliannya melalui program Heart at Work untuk menekan faktor risiko serangan jantung di kalangan pekerja.

Bahkan, Pemkab Labuhanbatu bersedia membantu dan akan memfasilitasi hal-hal yang nantinya diperlukan oleh PERKI saat dalam pelaksanaan kegiatan, baik itu tempat, peserta maupun lainnya.

“Kami apresiasi PERKI Sumut, semoga ini menjadi sumber edukasi kami. Sebab pekerja yang sehat akan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, serta dapat mewujudkan masyarakat yang sehat,” tutupnya.

Terlihat hadir, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Ir.Hasan Heri Rambe, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kominfo, Ahmad Fadly Rangkuti,ST.M.Kom dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Labuhanbatu.(Ok)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.