Musdes Hilifalawu Kabupaten Nias Selatan Ricuh

0
245

TNews, NIAS SELATAN – Musyawarah desa Hilfalawu berakhir dengan ricuh. Dengan diadakannya musyawarah desa Hilfalawu oleh kades hilfalawu kecamatan maniamolo kabupaten Nias Selatan  berakhir dengan ricuh,  di duga Akibat ulahnya kepala desa Hilfalawu An. Hidupanku Zagoto yang selalu tidak jujur, transparansi  dalam menjalankan tugasnya.

Dalam musyawarah desa tersebut kades hilfalawu Hidupanku Zagoto menyampaikan materi rapat

Di sisi lain, masyarakat desa Hilifalawu merasa kecewa karena tidak sesuai penyampaian kades hilfalawu dengan hasil pertemuan DPMD dengan BPD pada tanggal 22 Maret 2023 lalu. Masyarakat dan beberapa tokoh menyampaikan, supaya kepala desa memberikan laporan pertanggung jawaban LPJ dana ADD dan DD sejak tahun 2020- 2022 baru kita ajukan dana desa 2023 .

Beberapa tokoh masyarakat dengan menggunakan bahasa “Nias amaedola”. Dalam musyawarah tersebut Ama Tahaogo mengatakan kepada BPD supaya BPD tidak pasif untuk mempertanyakan hak-hak masyarakat desa Hilfalawu, tidak berselang lama  terjadi keributan masyarakat karena salah seorang saudara kades an: E. Zagoto  memancing emosi masyarakat dengan mengucapkan dalam bahasa daerah ” hai damukalirug6″ apakah   kita mau kacaukan ini?

Wakil BPD  Dengan mendapat perkataan yang tidak pantas itu yang di duga saudara kades tersebut masyarakat tidak senang, karena merasa sudah ditipu oleh kades dan ditakuti lagi.

“Dalam hal ini masyarakat mengharapkan supaya pemerintah menanggapi secara serius masalah yang terjadi di desa kami, jangan sampai terjadi pertumpahan darah dikarenakan setiap masyarakat Hilifalawu menanyakan haknya, kepala desa selalu ada cecok mulut antara masyarakat. Bahkan kepala desa mengatakan silahkan tanya di kabupaten. Bersyukur hanya keributan yang terjadi,” ucap wakil BPD

Toko masyarakat Hilifalawu mengatakan bahwa masyarakat meminta kepada pemerintah kabupaten Nias Selatan untuk segera menyelesaikan masalah ini.

“Dikarenakan setiap kami mempertanyakan hak kami malah ada salah satu oknum keluarga kades yang selalu arogansi dan tidak menerima pendapat toko masyarakat Hilifalawu, selalu mengacam masyarakat kalau ada yg bertanya,” ucapan Toko Masyarakat oleh Laia.

Saat Awak media konfirmasi kepada aktivitas ormas yang ada dinias Selatan oleh Yustinus Buulolo sebagai ketua DPC laki (laskar Anti Korupsi Indonesia (Laki), mengatakan sangat prihati atas kasus-kasus dugaan-dugaan korupsi di kabupaten Nias Selatan.

“Melihat masyarakat mondar mandir melaporkan dugaan-dugaan korupsi di setiap desa, para penegak hukum dinias Selatan sangat disayangkan,” katanya ketua DPC laki.

Lanjutkan Yustinus Buulolo memohon kepada Unit Tipikor polres, Inspektorat kabupaten Nias Selatan Segera buktikan bahwa instansi tersebut peduli terhadap masyarakat dan jangan sempat hilang kepercayaan masyarakat terhadap penegak hukum, apa lagi di desa Hilifalawu banyak aitem yang tidak sesuai dilapangan yang disampaikan oleh masyarakat yang ada di APBDES dikarenakan saya telah membahas beberapa aitem dilaksanakan secara musyawarah tapi faktanya di lapangan nihil,” ucapan Yusinus melalui via telpon

Laporan : FS. Buulolo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.