Bupati Padang Lawas Jadi Irup Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022

0
93
Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt. MM, M.Si tampil sebagai inspektur upacara pada peringatan HSN

TNews, PADANG LAWAS SUMUT – Pelaksanaan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Padang Lawas tahun 2022 dipusatkan di Lapangan Bola Padang Garugur Kecamatan Aek Nabara Barumun Sabtu, (22/10/2022.)

Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt. MM, M.Si tampil sebagai inspektur upacara pada peringatan HSN.

Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober sejak Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 tanggal 15 Oktober 2015.

Kemudian Hari Santri dideklarasikan pada tanggal 22 Oktober 2015 di Mesjid Istiqlal Jakarta oleh Presiden RI Joko Widodo.

Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama/tokoh-tokoh Islam seperti KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan, H.O.S Cokroaminoto, dan masih banyak yang lainnya.

Tema Hari Santri Nasional Tahun 2022 “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Dilansir dari laman kemenag.go.id menurut Menag Yaqut Cholil Qoumas tema tersebut mengandung pesan bahwa santri adalah pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Sejarah telah membuktikan bahwa santri selalu ada dalam setiap fase perjalanan Indonesia. “Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak”.

Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia.

Pada kesempatan ini, Plt. Bupati dalam sambutannya mengingatkan para santri agar senantiasa berbuat dan bertindak sesuai dengan tema Hari Santri Nasional Tahun 2022.

“Disamping tugas santri untuk belajar agama, tetapi juga ikut serta memajukan negara. Santri yang hebat adalah santri yang cinta tanah air,” ucap Bupati.

Cinta tanah air telah di buktikan oleh para ulama dan tokoh tokoh Islam, mereka rela berkorban jiwa raga dan harta dalam merebut dan memperjuang Kemerdekaan Indonesia.

“Sekarang bagaimana kita umat islam khususnya santri meneladani semangat juang para ulama dalam mengisi kemerdekaan,” kata Bupati.

Semangat mengisi kemerdekaan dapat  diaplikasikan dengan mengambil bagian dan memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan.

“Khusus para santri harus semangat belajar, berakhlakul Karimah yaitu akhlak yang baik dan terpuji serta menghindari perbuatan negatif, bercita cita luhur, bangga dan cinta tanah air sehingga kelak menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa,” lanjutnya.

Pada akhir sambutannya Plt. Bupati melalui momen upacara peringatan HSN tahun 2022 ini, mengajak semua untuk bersama sama mendoakan para ulama dan tokoh tokoh Islam serta para santri yang dan mendahului kita dimana mereka telah ambil bagian merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“semoga arwah para pahlawan bangsa diberi  ditempat yang terbaik di sisi Allah SWT,” tutup Plt. Bupati.

Bersamaan dengan Upacara Peringatan HSN, Plt. Bupati Padang Lawas secara resmi menutup Perkemahan Pramuka Santri ke 2 Tingkat Kabupaten Padang Lawas  Tahun 2022  yang telah di laksanakan pada beberapa hari yg lalu di Pondok Pesantren Darurrisalah Padang Hunik.

Pesantren Darurrisalah Padang Hunik tampil  sebagai Juara Umum Tingkat Penegak, dan Juara Umum tingkat penggalang diraih Pesantren Robiul Islam Pasar Latong Kecamatan Lubuk Barumun.

Reporter : Ridwan Hasibuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.