AWAS ! Polres Bolmong dan Pemkot Mulai Lacak Akun Palsu

0
133

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU –  Tanda awas bagi para pengguna akun palsu di media sosial Facebook. Pasalnya saat ini pihak Kepolisian Resort Bolaang Mongondow telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Kotamobagu untuk menekan dan mengantisipasi ujaran kebencian.

Ujaran kebencian yang dimaksud biasanya terjadi didunia maya atau di media sosial facebook, yang biasa dilakukan oleh para akun palsu.

Pantauan TOTABUANEWS, Kepala Bagian Humas Polres Bolmong, Saiful Tamu, bertemu dengan Kadis Kominfo, Ahmad Yanni, Selasa (20/02/2018). “Bersinergi terkait situasi, dan kondisi yang berkembang di daerah. Soliditas harus selalu dipupuk, termasuk akun palsu,  dan ujaran kebencian,” kata Saiful.

CCTV  yang ada di Kominfo, juga akan digunakan untuk pemantauan ini. “Siber Crime, Tim Siber, dan Tim Anti Intimidasi. bahkan saat ini sedang dilakukan penyelidijan 2 kasus,” jelasnya. “Dalam waktu dekat ini, Pak Kapolres akan mengeluarkan maklumat,” tandasnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Ahmad Yani mengatakan, pada prinsipnya menyambut positif koordinasi ini. “Keamanan dalam menghadapi pilkada  ada koordinasi antara Pemkot. Selain itu, data yang keluar dari data center harus ada ijin tertulus dari Sekda,” ujarnya.

Saat ini, Kominfo memiliki Sonar Map, yang bisa mendeteksi nomor palsu. “Walaupun nomor plasu, dicabut, dan dibuang, tapi kami bisa mengetahui dimana posisinya,” pungkasnya.

 

NENO KARLINA

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.