Banjir Hantam Dua Kecamatan di Bolsel

0
601
Luapan air sungai menyebabkan banjir
Luapan air sungai menyebabkan banjir

212 Warga Bolsel Mengungsi

Luapan air sungai menyebabkan banjir
Luapan air sungai menyebabkan banjir

TOTABUAEWS.COM, PINOLOSIAN – Sedikitnya 212 warga di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terpaksa diungsikan, sejak Rabu (05/09) dini hari sekitar Pukul 04. 00 Wita, hingga saat ini disebabkan banjir.

Banjir yang berulang kali terjadi di Kecamatan Pinolosian Tengah dan Pinolosian Timur (Bolsel), disebabkan dua sungadi di wilayah ini meluap. Sungai Dumagin dan Sungai Tobayagan kerap terjadi banjir bila hujan mengguyur diatas dua jam. Pelak saja, ratusan warga terpaksa diungsikan karena rumah mereka digenangi air.

Informasih dirangkum, sebanyak 212 orang yang berdomisili di Desa Tobayagan, Desa Tobayagan Selatan, Desa Torosik, Desa Mataindo, serta Desa Matandoi, hingga saat ini masih berada di tempat pengungsian, seperti gedung sekolah dan rumah ibadah.

Salah satu pengungsi Nenik Mamonto kepada media ini mengatakan dia dan keluarganya masih takut kembali ke rumah, karena hujan masih terus mengguyur wilayah ini. Sementara, hingga berita ini diturunkan banjir masih menggenangi rumahnya dan rumah penduduk lainnya. “Nanti kondisi sudah aman baru kembali ke rumah,” ujar Ibu dua anak ini, Jumat (06/09/13).

Pemkab Bolsel langsung menurunkan bantuan setelah menerima informasi bencana tersebut. Wakil Bupati (Wabup) Bolsel, Drs Sjamsul Bahri Badu, saat berada di lokasi banjir, mengatakan pihaknya terus memantau keadaan wilayah yang terkena banjir, dan tim dari Pemerintah Kabupaten hingga kini masih bersama-sama dengan warga korban bencana.

“Warga yang menjadi korban banjir masih tetap di pengungsian. Jangan dulu kembali ke rumah bila banjir belum surut apalagi cuaca tak menentu,” imbuh Badu. (chandra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.