Bentuk PBMR, 70 Persen Capaian Panitia

0
144
gambar: google.com
gambar: google.com
gambar: google.com

TOTABUANEWS, Kotamobagu – Setelah bekerja keras selama demi terbentuknya Provinsi Bolaang Mongondow Raya (P-BMR). Akhirnya, Panitia P-BMR bisa mencapai 70 persen dalam menyiapkan administrasi yang dibutuhkan oleh pemerintah pusat dalam merealisasikan cita – cita masyarakat di daerah ini.

“Jika dilihat capaian sekarang sekitar 60 sampai 70 persen usaha panitia,” ujar Wakil Ketua I Panitia P-BMR, Jainuddin Damopolii Jumat (06/12) saat ditemui totabuanews.com diruangan kerjanya.

Menurut, Jainuddin, meski capaian panitia sudah cukup baik, namun dalam mendorong terbentuknya P-BMR sangat dibutuhkan peran aktif masyarakat dalam mengkampanyekan calon provinsi ini .

“Kami mengharapkan respon positif dari warga Kotamobagu khusunya dan seluruh masyarakat Bolmong Raya untuk mengkampanyekan pembentukan PBMR,” tuturnya.

Dikatakannya, pembangunan akan meningkat apabila provinsi tersebut terbentuk. Pun demikian dengan Kotamobagu sebagai ibu kota Provinsi BMR. Bahkan dia memperkirakan, perputaran uang di wilayah Bolmong Raya pun akan mengalami lonjakan yang sangat signifikan apabila impian provinsi terwujud.

“Sebelum Kabupaten Bolmong belum mekar, perputaran uang sampai Rp 500 miliar. Saat ini, perputaran uang di lima daerah sudah mencapai Rp 2 triliun. Itu dari DAK (dana alokasi khusus), DAU (dana alokasi umum), dana dekonstruksi pembantuan. Bila provinsi terwujud, perputaran uang bisa bertambah sampai Rp 1 triliun,” tukas Jainuddin.

Tak hanya itu, jumlah serapan tenaga kerja pun semakin tinggi. Bukan hanya di sektor swasta, tapi juga untuk mengisi kebutuhan pegawai di pemerintahan. Dan, Jainuddin optimistis PBMR tersebut bisa terwujud apabila melihat kondisi yang saat ini terjadi.

“Dari 230 usulan daerah otomi daerah, PBMR bisa masuk ke 65 daerah otonom yang dibahas. Saat itu, kekompakan untuk memberikan support untuk pembentukan. Ada delapan provinsi usulan yang saat ini sedang dibahas RUU-nya. Sekarang berjuang dulu,” tandasnya. (dar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.