Bolmong Penghasil Kopi Kwalitas Terbaik

0
472
ILUSTRASI
ILUSTRASI
ILUSTRASI

TOTABUANEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), menyatakan jika kabupaten yang dikenal dengan lumbung beras ini, merupaka penghasil kopi dengan kwalitas terbaik.

Hal ini, sebagaimana disampaikan Kepala Disperindag Bolmong, Ir George Tanor, kemarin. “Kwalitas kopi yang dihasilkan Bolmong, tidak kalah dengan daerah lain. Bahkan salah satu kwalitas terbaik adalah kopi hasil produksi dari Bolmong,” kata Tanor.

Dirinya mencontohkan, kopi milik Bolmong yang telah dipasarkan hingga keluar daerah dan laris karena diminati adalah yang dihasilakan oleh salah satu produsen kopi yang ada di Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan.

Bahkan, pihak Disperindag Bolmong, akan memberikan perhatian serius akan usaha kopi agar kedepan bukan hanya mampu bersaing dengan daerah lain akan tetapi dengan negara lain.

“Ini harus didorong agar kedepan kopi yang dihasilkan Bolmong, memiliki kwalitas eksport. Apalagi kedepan sudah ada bandara dan pelabuhan labuang uki yang merupakan gerbang atau pintu masuk eksprot dan inport hasil barang-barang dari Bolmong baik hasil partanian atau usaha,” tutur Tanor.

Sementara itu, salah satu petani kopi di Bolmong, S Paputungan, meminta kepada pemerintah agar biasa memperhatikan mereka.Pasalnya, saat ini mereka sulit mengembangkan kopi karena keterbatasan anggaran.”Jadi hasil biji kopi dari kebun yang saya taman hanya untuk diolah menjadi konsumsi kami sekeluarga dan tidak diperjual belikan karena untuk konsumsi saja tidak cukup,” keluhnya.

 

KONNI BALAMBA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.