DEMO Bakal ‘Matikan’ Usaha Bentor di Kotamobagu

0
515
angkot DEMO
angkot DEMO
angkot DEMO

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Munculnya kendaraan umum jenis tiga roda yang biasa disebut DEMO (Denny Motor) di wilayah Kota Kotamobagu, rupanya menimbulkan kehawatiran bagi para pengendara Becak Motor (Bentor) yang sudah terlebih dahulu beroperasi.

Pasalnya, sebagian sopir bentor menilai kalau kehadiran kendaraan umum milik salah satu pengusaha besar di Kotamobagu ini, akan mematikan usaha bentor. “Hadirnya kendaraan DEMO kami sopir bentor sudah agak kesulitan mencari penumpang. Kebanyakan penumpang lebih memilih DEMO,” ungkap Andi salah satu pengendara bentor, Selasa (11/08/2015).

Peluang kendaraan DEMO akan dijadikan kendaraan alternatif untuk masyarakat Kotamobagu, menggantikan kendaraan bentor, tercermin dari pernyataan Kepala Dinas Perhubungan Kotamobagu Agung Adati. Mantan Kabag Humas Pemkot KK ini mengatakan, saat ini pemerintah sedang mencari tipe kendaraan alternatif mirip bentor yang layak dan aman untuk penumpang. “Intinya, pemerintah mencari kendaraan yang aman, desain kendaraan yang menempatkan penumpang ada diposisi belakang, mirip kendaraan DEMO,” ungkap Adati.

Akan tetapi Adati mengungkapkan, baik bentor maupun DEMO kedua-duanya belum bisa dipastikan sebagai kendaraan yang aman dan layak untuk dijadikan kendaraan umum. “Kita belum bisa menjamin kalau ke dua kendaraan tersebut (bentor dan DEMO) layak dan aman untuk penumpang,” ujarnya.

Ia mengatakan pihak mereka masih menunggu proto type dari Kementrian perhubungan RI. “Jika memang tak layak tentu akan dipertimbangkan pengoperasian kedua kendaraan tersebut,” ucapnya.

Disisi lain, kata Agung pihak Dishub sudah mengusulkan agar kedua kendaraan itu menjadi kendaraan alternatif di Kotamobagu. “Tapi tergantung dari hasil uji kelayakan Kemenhub,” tandasnya.

 

konni balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.