Janji Aggarkan Alat Penyulingan Bio Etanol

0
257

TOTABUANEWS.COM, Bolmong – Keseriusan Anggota legislator (Aleg) Bolaang Mongondow (Bolmong) dalam mengawal aspirasi masyarakat, ternyata bukan hanya isapan jempol belaka. Hal ini terlihat dari sikap sejumlah anggota legislatif (aleg) Bolmong, ketika memberikan dukungan terhadap kegiatan warga, salah satunya pada pembuatan bioetanol atau bahan bakar nabati. Bahkan, untuk melengkapi fasilitas pengembangan usaha warga tersebut, Aleg Bolmong, akan berupaya menganggarkannya dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD-P) Bolmong tahun 2013 nanti.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi II DPRD Bolmong, Marten Tangkere SE MAP, saat bersua Media Totabuan, Rabu (31/07) kemarin.

“Komisi II akan berusaha memasukan anggaran untuk pengadaan alat penyulingan pembuatan bioetanol. Anggarannya kurang lebih Rp50 juta/unit,” kata Tangkere.

Menurut Tangkere, pembuatan bio etanol itu sangat baik. Apalagi, daerah Bolmong cukup memiliki potensi untuk pengembangan kegiatan tersebut.

“Bahan bakunya hanya menggunakan nira aren. Prosesnya pun tidak terlalu sulit hanya disuling seperti membuat cap tikus,” ungkap Tangkere.

Diapun berharap, kedepan nanti kegiatan ini dapat berkembang dan bisa meningkatkan ekonomi warga.

“Pelatihan kepada warga sudah dilakukan, difasilitasi oleh Dinas Koperasi.Manfaat bioetanol ini bisa juga untuk bahan bakar, obat dan lain-lain. Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat. Dan untuk kebutuhan kami akan upayakan satu unit per satu desa. ” terangnya.

Diinformasikan, saat ini kegiatan pembuatan bioetanol tersebut mulai dilaksanakan di Kecamatan Poigar dan terdapat di lima Desa, masing-masing Desa Mariri Satu, Mariri Dua, Mariri lama, Tanjung Mariri dan Mariri Baru. (win/jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.