Koalisi PAN dan PDIP di Pilwako Terancam Batal

0
141

riswanto beggyTotabuanews.com, Kotamobagu – Sentimen politik di Bolmut rupanya terasa hingga di Kotamobagu. Di mana PDIP yang menjadi bak ‘Kartu Joker’ pada banyak Pilkada di Sulut, hampir pasti tak akan berkoalisi dengan PAN untuk menuju Pilwako 24 Juni mendatang.

Padahal sebelumnya, sempat berkembang rumor bahwa PAN lebih berpeluang berkoalisi dengan PDIP untuk mengusung calon walikota dan wakil walikota. Setidaknya Ketua DPD PAN KK Beggy Gobel sudah beberapa kali menyatakan hal itu.

Tak hanya itu, PDIP sendiri, meskipun telah menerima pendaftaran dari calon usungan Partai Golkar Drs Hi Djelantik Mokodompit pada Senin malam lalu. Namun menurut ketua tim pendaftaran PDIP, Riswanto Dali, parpolnya belum mengambil sikap final. “Baik Golkar dan PDIP sama-sama punya peluang untuk berkoalisi dengan PDIP,” kata Dali Selasa (15/01/2013).

Sayangnya, peluang yang dibuka Dali itu langsug ‘ditutup’ sendiri oleh Beggy Gobel. Saat dihubungi media ini tadi malam, Gobel menyatakan PAN sendiritak akan mendaftar di PDIP. “Kemungkinan besar PAN tak akan berkoalisi dengan PDIP di Pilwako ini,” singkat politisi muda ini.

Di sisi lai, bila pernyataan Beggy Gobel itu benar, alias bukan hanya intrik politik, maka sentiment politik di Bolmut dinilai akan terasa juga di Kotamobagu. Mengingat di Bolmut, PAN sendiri akhrinya memilih untuk berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS. Sedangkan PDIP, memutuskan untuk mengusung satupaket calon bersama Beringin.

Pada bagian lain, Riswanto Dali ketika dikonfiramsi tentang peluang seorang calon walikota atau walikota yang akan diusung PDIP bersama koalisi (entah Golkar atau PAN, red), ia menjelaskan bahwa yang pasti pihaknya hanya mengakomodir mereka yang telah emndaftar secara resmi.

“PDIP so pasti tak akan memberikan rekomondasi kepada calon yang tidak mendaftarkan diri. Jadi kalau ada kandidat usungan parpol lain yang ingin maju bersama PDIP, tentu harus mendaftar dulu di sini,” tegasnya.

Ditambahkan, adapun batas waktu pendaftaran hanya berlangsung sampai Rabu hari ini (16/01). “Pendaftaran akan ditutup esok (hari ini, red). Setelah itu,s emua berkas akan diserahkan ke DPD PDIP Sulut utnuk diverifikasi,” ujarnya lagi. (koni/dar/Jm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.