Konsep Pemekaran PBMR Versi David Bobihoe Dinilai Sempurna

1
433
David Bobihoe MSc MM
David Bobihoe MSc MM
David Bobihoe MSc MM

TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Konsep pemekaran daerah yang dilontarkan oleh Calon Wakil Gubernur Sulut Hi David Bobihoe melahirkan tanggapan sejumlah elemen.

Salah satu personil Panitia Pemekaran Provinsi Bolaang Mongondow Raya (P3BMR) Denny Mokodompit. Kepada Media Totabuan mengungkapkan, bahwa konsep yang disampaikan David sudah dilakukan oleh P3BMR. “Konsep itu menurut saya sudah kadaluarsa, itu sudah dilakukan panitia. Posisi PBMR saat ini tinggal menunggu pembahasan DPR RI. Karena sebelumnya sudah ada persetujuan dari DPD RI, DPR RI dan Kemendagri,” ujarnya.

Meski demikian kata Denny, untuk pemilihan Gubernur sekarang ini, Ia lebih cenderung kepada Calon Gubernur yang mampu memberikan peluang besar meloloskan PBMR apabila mereka terpilih nantik. “Saya tidak bicara lagi kepentingan Pilgub 5 tahun depan, Kepentingan rakyat BMR adalah provinsi Bolmong Raya,” tegas Denny.

Menanggapi pernyataan Denny tersebut, ketua LSM LPKEL Revormasi Effendi Abdul Kadir menilai, bahwa Denny tak tahu persis soal konsep yang ditawarkan Calon Wakil Gubernur David Bobihoe. “Mungkin saja konsep Denny itu yang kadaluarsa. Ia hanya asal ngomong saja tapi tidak tahu persis konsep yang di tawarkan pak David,” kata Ending.

Menurutnya, konsep yang ditawarkan David Bobihoe sangat sempurna. Dimana ada sistem birokrasi yang ditawarkan dan layak jadi contoh. “Konsep pembentukan Badan Percepatan Pemekaran daaerah kami nilai adalah untuk mempercepat pembentukan PBMR, dan itu setalah kami kaji sangat baik bagi kepentingan PBMR,” jelasnya.

Alasan lain kata Effendy, dengan melihat prestasi David Bobihoe selama memimpin Kabupaten Gorontalo dua periode, telah mampu memekarkan beberapa daerah di Kabupaten Gorontalo. “Beliau sudah buktikan itu, dan beliau mampu,” tandas Effendy.

Sementara itu, juru bicara pasangan Benny – David (BeDa) Alfian Daini mengatakan, apa yang ditawarkan oleh David Bobihoe adalah satu titik terang yang bisa membawa harapan rakyat BMR.

“Salah satu hal yang akan dilakukan oleh Pak David  bersama bapak Benny Mamoto, adalah membentuk salah satu SKPD, yang bernama Badan Percepatan Pemekaran Provinsi BMR. Dimana, SKPD itu setingkat eselon II,” ujar Daini.

Dikatakan Daini, Badan Percepatan Pemekaran Provinsi BMR, akan melakukan kordinasi dengan P3BMR, dan pemerintah pusat, dalam mendoronga percepatan terwujudnya harapan rakyat Bolaang Mongondow Raya itu. “SK badan percepatan pemekaran provinsi BMR itu akan ditanda tangani oleh Gubernur, sehingga seluruh biaya yang timbul dari program oleh SKPD itu tentu akan ditanggung oleh Pemprov Sulut,” jelasnya.

Ia pun mengatakan, SKPD yang tugasnya melakukan percepatan pemekaran provinsi BMR itu pun, akan menyusun P3D (Personil, Pembiayaan, Peralatan, dan Dokumen) yang dia maksudkan.

“Garis besar berapa personil SKPD yang dibutuhkan ketika BMR ini jadi Provinsi sementara disusun oleh pak David, untuk didiskusikan dengan panitia pemekaran BMR jika terpilih nanti. Untuk pembiayaan pemekaran akan dialokasikan melalui Badan Percepatan Pemekaran Provinsi BMR,, soal peralatan atau aset, serta dokumen yang dibutuhkan dalam mendorong percepatan pemekaran BMR, yang jelas Pak David akan kordinasikan dengan panitia pemekaran serta pemerintah setempat di BMR. Ini jelas, merupalan niat pak David dab Pak Benny yang tulus dan ikhlas harus memekaran BMR menjadi sebuah wilayah otonom setingkat Provinsi,” bebernya.

1 KOMENTAR

  1. Kita tggu saja actionnya, menyimak apa yg menjadi statement beberapa oknum diatas sepertinya masih kurang klop, masing2 mempertahankan pemahamannya tanpa menselaraskan maksud dan konsep memahami sistem yang di tawarkan BeDa….Semoga #PBMR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.