Lima Nama Bertarung di Kursi Sekda Bolsel

0
385

TOTABUANEWS, BOLSEL – Tahapan pendaftaran pada seleksi jabatan tingkat tinggi pratama Sekretaris Daerah (Sekda), sementara berlangsung. Hingga Selasa (5/4) kemarin, Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) selaku instansi teknis sudah menerima lima nama pejabat yang mendaftar. Lima pejabat ini memenuhi persyaratan, usia rata-rata di bawah 58 tahun dengan pangkat/golongan IV/b. “Sudah ada lima yang mendaftar untuk jabatan tinggi pratama (Sekda). Secara administrasi semuanya memenuhi syarat,” sebut Sekretaris BKDD, Makmuan Daeng Patompo, kemarin.

Disebutkkannya, lima pejabat tersebut antara lain Abadi Yusuf (mantan Asisten III/plt sekda), Indra Damopolii (Asisten I), Johan Van Gobel (Asisten II), Abdul Malik Musa (Kepala BKDD) dan Agus Mooduto (Kepala Dinas Perindagkop).

Dituturkan Patompo, Setelah proses administrasi selanjutnya akan masuk pada tahapan seleksi kecakapan. Mekanismenya akan ditentukan panitia seleksi (pansel).“Dari lima pendaftar, akan keluar nama yang lolos tiga besar. Tiga nama ini akan diusulkan kepada Bupati lalu ke Gubernur, tembusan ke Komisi ASN di Jakarta. Jika semuanya berjalan mulus, selanjutnya  Bupati akan menentukan salah satu dari tiga nama yang ada,” jelas Patompo.

Terkait metode seleksi yang digunakan, dalam melaksanakan seleksi terbuka Pemkab Bolsel bekerjasama dengan BKN Regional XI Manada dan BKD Sulut dalam hal pengukuran kompetensi atau Assesment test. Kompetensi yang diukur terdiri dari kompetensi manajerial dan kompetensi bidang. Sesuai data dari BKDD Bolsel, Kompetensi Manajerial meliputi Integritas, komitmen terhadap organisasi, kepemimpinan, pengambilan keputusan, manajemen perubahan, inovasi, manajemen konflik, berpikir konseptual, mengembangkan potensi orang lain.

Kompetensi Bidang terdiri dari Kompetensi Umum yang mencakup: Konsep NKRI Pancasila UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika; Konsep otonomi daerah; perumusan norma, standar, prosedur, dan kriteria; fasilitasi/bimbingan kepada steakholder; evaluasi kebijakan. Berikutnya, Kompetensi Khusus: memiliki pengalaman kerja di bidang pemerintahan; menguasai manajemen pemerintahan daerah; memiliki wawasan tentang pemerintah daerah.“Sekira minggu ke-3 April sudah dilaksanakan seleksi,” pungkas Patompo.

 

Raldy D

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.