P-BMR Kado Terakhir SHS

0
196

shsTOTABUANEWS, Kotamobagu – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo Hary Sarundajang (SHS), telah berjanji akan memberikan ‘kado’ istimewa bagi masyarakat Bolmong Raya, menjelang akhir jabatanya pada 2015 mendatang. Dalam hal ini dengan mendorong terbentuknya Provinisi Bolaang Mongondow Raya (P-BMR).

Menurut, Pantia Pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya (P3BMR) Drs Hi Jainuddin Damopolii, nazar SHS tersebut disampaikan sebelum SHS kembali mencalonkan pada periode ke dua. “Dorongan terbentuknya PBMR ini, sudah menjadi komitmen Gubernur Sulut, sebelum ia kembali duduk pada periode ke dua,” kata Jainuddin.

Menurut Jainuddin, sejauh ini SHS terus mendukung upaya – upaya Panitia dalam mengupayakan agar PBMR ini bisa terbentuk. “Sejauh ini, Pak Gubernur sangat memberikan dukungan moril bahkan materil untuk merealisasikan pembentukan Provinsi di daerah ini,” tuturnya.

Buktinya, pada alokasi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun ini, SHS melalu Pemrov memberikan dana hibah sebagai penopang pemerintahan Provinsi yang baru. “Pak gubernur juga telah menunjukan dukungan dengan memberikan alokasi dana hibah sekitar 10 Miliar,” tukasnya.

Dikatakan Jainuddin, dari beberapa daerah otonom baru (DOB) yang diajukan pemekaran ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPR-RI). PBMR telah siap dari berbagai sisi. “Bolmong Raya yang paling siap dimekarkan jadi Provinsi dibandingkan dengan daerah lain” ucapnya.

Meski demikian, Jainuddin menilai salah satu peran penting yakni, dukungan masyarakat untuk menciptakan suasana tetap aman. “Kamtibmas merupakan menjadi penunjang utama dalam pemekaran daerah,” tukasnya.

Ditambahkan, penentuan batas wilayah provinsi turut melibatkan kepala daerah tetangga. “Selain daerah di BMR. Juga, kepala daerah tetangga turut mendandatangani penentuan batas wilayah,” pungkasnya. (dar/jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.