PAN Kotamobagu ‘Hancur’ di Tangan Jainuddin, Beggie Gobel The Next Fighter

0
136

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Momen Pemilihan Legislativ (Pileg) 17 April 2019, adalah puncak ‘kehancuran’ Partai Amanat Nasional (PAN) di Kotamobagu. Betapa tidak, partai besutan ketua MPR RI Zulkifly Hasan ini, anjlok dalam hasil hitungan cepat sementara versi Kesabangpol Kotamobagu.

Ketua DPD PAN Kotamobagu Jainuddin Damopolii rupanya tidak bisa mempertahan 6 kursi di DPRD Kotamobagu hasil pileg 2014 lalu.  Banyak yang menilai, Jainuddin Damopolii telah gagal memimpin PAN Kotamobagu. Kegagalan PAN Kotamobagu ini berawal dari kekalahan di Pilwako 2018 yang mengusung Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag.

Tak hanya gagal di Pileg, bahkan Jainuddin sendiri sebagai ketua Partai bakal tidak bisa mendapatkan kursi di DPRD Kotamobagu di Pileg tahun ini. Perolehan suara sementara di dapil I jainuddin hanya mendapatkan dukungan 231 suara. Untung saja, Beggie Gobel sebagai aleg incuben masih bisa meraup suara signifikan. Sehingga diperkirakan PAN bisa mendapatkan satu kursi di dapil satu. Namun kursi tersebut diprediksi menjadi milik Beggie sebagai peraup suara terbanyak line up PAN dapil I.

Begitu pun di dapil II Kotamobagu Selatan dan Dapil III Kotamobagu Barat. Data yang diperoleh tim Totabuan News, PAN sulit mendapatkan kursi. Hasil perhitungan suara sementara, suara PAN anjlok di dua dapil itu. Kondisi itu juga disebabkan, banyaknya caleg-caleg yang di pasang PAN, tak laku dijual.

Disisi lain, PAN dalam kepemimpinan Jainuddin saat ini, sangat berbeda jauh dikala PAN Kotamobagu masih di pimpin Beggie CH Gobel. Di mana, saat di pimpin Beggie, PAN Kotamobagu berhasil memenangkan pemilihan wali kota pada 2013, yang mengusung Paslon Tatong Bara – Jainuddin Damopolii. Keberhasilan PAN Kotamobagu disusul dengan kemenangan di Pileg 2014. PAN sukses meraih suara terbanyak dengan mendapatkan 6 kursi di DPRD Kota Kotamobagu.

Sementara itu, salah satu kader PAN Bolmong Raya Ardy Imban cukup prihatin dengan kondisi PAN kotamobagu saat ini. “Cukup prihatin saja, kondisinya sangat berbeda dengan pileg 2014,” ujar aleg DPRD Provinsi Sulut ini.

 

Berikut hasil perolehan suara PAN Kotamobagu di tiga dapil :

 

DAPIL SATU

 

  1. Iswadi Gaib (57 suara)
  2. Debby Kadengkang (82 suara)
  3. Guntur Dadu (301 suara)
  4. Nurlina Mokoginta (99 suara)
  5. Hanny Manossoh (102 suara)
  6. Jainuddin Damopolli (231 suara)
  7. Sofyan Abdullah (231 suara)
  8. Ilham Jaman (73 suara)
  9. Sandry Mokoginta (175 suara)
  10. Beggie gobel (612 suara)
  11. SUARA PARTAI (61)

 

DAPIL DUA

 

  1. Abd. Najib Gumelang (209 suara)
  2. Hamzah Alhasdji (57 suara)
  3. Suniati Makalalag (47 suara)
  4. Johanna Pelafu (143 suara)
  5. Ali Paputungan (6 suara)
  6. Irawan Malasai (190 suara)
  7. SUARA PARTAI (60 suara)

 

 

DAPIL TIGA

 

  1. Aswar Mokodompit (112 suara)
  2. Salim Tubagus (284 suara)
  3. Fatma Labite (25 suara)
  4. Sofian BEDE (104 suara)
  5. Swengly Manossoh (218 suara)
  6. Conny Sumanta (90 suara)
  7. Kusdina Potabuga (14 suara)
  8. Herny Makalalag (3 suara)
  9. Iskandar Mokobombang (17 suara)
  10. SUARA PARTAI (55 suara)

 

 

Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.