Pembayaran Galian C PT JRBM Di Sorot

0
221

TOTABUANEWS.COM, Molibagu – Mekanisme pembayaran bahan galian C oleh pihak perusahaan pertambangan PT JResources Bolaang Mongondow (JRBM) kembali disorot warga.

Pasalnya, dalam pembayaran pajak galian C ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan (Bolsel) oleh pihak J-RBM melalui pihak ketiga.

Menurut aktivis pemerhati Bolsel, Andika Hasan, sistem pembayaran seperti itu sangat tidak efektif dan bisa saja merugikan daerah.

“Jangan sampai ada pihak ketiga yang sengaja untuk memainkan pembayaran tersebut,” kata Andika.

Tak hanya itu, dalam pengawasan dari dinas terkait, yakni, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) terhadap pengambilan material perlu dilakukan.

“Yang kami tahu, pihak dinas tidak ada pengawasan terhadap pengambilan galian C,” tambahnya.

Sehingga itu menurut aktivis vokal ini, pemkab harus membentuk tim pengawasan di lapangan. Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Syahril Gaib, saat dikonfirmasi mengakui pembayaran galian C oleh JRBM melalui pihak ketiga.

“Memang benar, tapi itu ada kontraknya dengan dinas,” aku Gaib.

Ditanya berapa jumlah kontrak material galian C tersebut, ia menjelaskan, dalam kontrak 10.000 kubik dan itu yang dibayarkan perusahaan. Disinggung soal pengawasan, menurut Syahril, pengawasan dari dinas sudah dilakukan. “Jadi, untuk pengawasan ada tim yang diturunkan,” tambahnya. (chan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.