Pemkab Boltim Akan Kembali Kirim Tenaga Kerja ke Jepang

0
482

TOTABUANEWS, BOLTIM  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dalam waktu dekat ini bakal kembali membuka lapangan pekerjaan, untuk di Kirim ke Jepang.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Boltim Muhamad Yahya kepada Media ini mengatakan, saat ini pihaknya akan mempersiapkan segala kebutuhan. Pasalnya permintaan dari Pusat sudah ada. “kita sudah mendapat informasi permintaan tenaga kerja dari pusat, namun hingga saat ini kita belum menyiapkan tenaga kerja,” kata Yahya.

Lanjut dikatakanya, adapun penerimaan tenaga kerja yang nantinya akan di kirim ke Negara Jepang, untuk Sulut penerimaanya akan dipusatkan di Boltim, sementara untuk daerah lain tidak ada. “Saat ini kita masih mempersiapkan segala kebutuhan kemudian nantinya akan dilakukan penerimaan calon magang tingat Provinsi,” katanya.

Lebih lanjut, untuk persiapan yang dibutuhkan, dimana pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan setiap daerah agar dalam seleksi peserta nanti cukup banyak. “kita lihat dulu seberapa banyak jumlah calon di setiap daerah, jika sudah banyak yang meminta untuk di buka maka kemungkinan pada Bulan Maret mendatang akan di buka pendaftaran tersebut,” jelasnya.

Ditambahkanya, ketika di singgung sejumlah tenaga kerja putra daerah yang sudah dikirim tahun lalu, ia mengatakan, saat ini mereka sudah bekerja dan menikmati hasil mereka sendiri. “dari penuturan sejumlah keluarga yang sudah berada di Jepang mengatakan, orang tua mereka sudah mulai menerima kiriman dari jepang, sembari membeberkan gaji magang, 15 hingga 20 juta perbulan, adapun putra daerah yang dikirim ke jepang tahun lalu sebanyak 10 orang” tutupnya.

Dicky Mamonto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.