Pertarungan Figur Dumoga Raya Menuju DB 1 D

0
559

TOTABUANEWS, BOLMONG –  Persaingan para kandidat di Pilkada Bolmong 2017 mendatang, diprediksi bakal sengit. Menarik, hajatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut menjadi pertarungan para figur dari wilayah lumbung padi Dumoga Raya.

Dengan jumlah DPT sekira 63.043 suara, yang tersebar di enam kecamatan, menjadi rebutan figur-figur dari Dumoga.

Sosok Wakil Bupati Yani Tuuk masih dominan disebut kandidat kuat. Bahkan, sejumlah kalangan menilai ketua DPC PDIP Bolmong ini layak maju sebagai calon papan satu (Calon Bupati).

Nama lain yang muncul adalah kader Partai Golkar Aske Irot. Ia digadang-gadang bakal menjadi pesaing ketat Yani Tuuk. Mantan anggota Dekab Bolmong ini memiliki basis masa di wilayah Dumoga.

Saat dikonfirmasi via seluler, Aske mengaku siap maju di Pilkada Bolmong. Akan tetapi menurutnya, biarlah proses tahapan pilkada berjalan sesuai mekanisme. “Kita lihat nanti seperti apa selama proses tahapan ini, jika memang menjadi satu harapan besar masyarakat, mengapa tidak peluang ini saya ambil,” tegas Aske.

Ditempat terpisah, figur dari Dumoga lainnya yakni ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, juga diwacana akan maju di Pilkada Bolmong, masih enggan berkomentar lebih saat ditanya kesiapannya di Pilkada Bolmong. “Belum ke arah situ,” singkat Politisi PDIP ini.

Berbeda dengan Welty, figur Dumoga lainnya Jefry Tumelap rupanya mengaku siap bertarung di Pilkada Bolmong. Bermodalkan lima kursi di Parlemen, Ketua DPC Partai Demokrat ini hanya butuh tambahan satu kursih lagi maka syarat untuk dukungan dalam pencalonan yakni enam kursi sudah pasti bisa masuk dalam bursa calon Pilkada. “Lima kursih di DPRD adalah modal utama, tinggal menambah satu kursi lagi, kita (Demokrat, red), sudah bisa menjadi gabungan partai pengusung dalam Pilkada,” ujar Ketua Fraksi Demokrat ini.

Meski demikian kata Tumelap,  mengaku masih menunggu hasil Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Demokrat Bolmong. “Nantilah setelah Muscab Demokrat, baru kita bicara Pilkada,” kata Tumelap.

Selain beberapa figur itu, mulai jadi perbincangan diwilayah Bolmong nama-nama lainnya dari Dumoga seperti, I Ketut Sukadi, Doni Lumenta dan Kamran Mochtar.

Konni Balamba

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.