Pleno KPU Sulut : Kursi ke 6 DPR RI Milik Hillary, Tak Ada Nama Putri Sehan Landjar

0
70
Hillary Lasut

TOTABUAN.NEWS, MANADO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara telah menyelesaikan pleno rekapitulasi suara 15 kabupaten dan kota se-Sulut. Pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 17 April 2019 dilaksanakan di Hotel Sintesa Peninsula, Senin hingga Jumat (6-10/5/2019).

Menarik menentukan peraih kursi ke-6 DPR RI yang diperebutkan PDI Perjuangan dan Partai Nasdem.
Untuk DPR RI PDI Perjuangan total meraup 565.063 suara, sementara Partai Nasdem 245.511 suara.
Sesuai hitungan metode Saint Lague PDI Perjuangan meraih 3 kursi, Partai Nasdem 2 kursi dan Partai Golkar 1 kursi.

Pertarungan kursi ke 6 jadi milik Partai Nasdem mengantarkan Hillary Lasut lolos ke Senayan menyisihkan Caleg PDI Perjuangan Jantje Wowiling Sajow (JWS).

Dari hitungan Saint Lague untuk kursi ke 6, PDI Perjuangan yang memperoleh 565.063 suara. Jumlah ini dibagikan ke bilangan pembagi 7, hasilnya PDI Perjuangan mendapat angka 80.723.

Sementara Partai Nasdem meraih total suara 245.511. Jumlah ini dibagikan ke bilangan pembagi 3, hasilnya Partai Nasdem mendapat angka 81.837. Di kursi ke 6, Partai Nasdem unggul 1.114 suara atas PDI Perjuangan.

Dengan demikian 6 jatah kursi Sulawesi Utara akan diwakili oleh Adriana Dondokambey, Vanda Sarundajang dan Herson Mayulu dari PDI Perjuangan, Adrian Jopie Paruntu atau Jerry Sambuaga dari Partai Golkar, Felly Estelita Runtuwene dan Hillary Brigita Lasut dari Partai Nasdem.

Dengan hasil hitungan KPU Sulut itu, menepis opini dan klaim PAN Sulut kalau mereka adalah pemilik kursi ke 6.

Diketahui, sebelumnya ketua DPW PAN Sulut Sehan Landjar sudah membuat opini di sejumlah media, kalau kursi ke 6 adalah milik putrinya Amalia Landjar.

 

 

David Rumondor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.