Ribuan Ijazah PNS Boltim Segera Diperiksa, Terindikasi Ada yang Palsu

0
442
Darwis Lasabuda

TOTABUANEWS, BOLTIM – Pekan depan, Kepala Bagian Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bakal mengirim sekitar seribu lebih berkas Ijazah dari semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk di periksa, pasalnya pemeriksaan tersebut untuk mengetahui keabsahan Ijazah yang di Kantongi oleh setiap pejabat di Boltim.

Kepala BKDD Boltim Drs Darwis Lasabuda mengatakan, jika dalam waktu dekat ini kita akan mengirimkan Ijazah ke Pusat untuk dilakukan pemeriksaan. “ pekan depan ijazah PNS boltim khususnya Sarjana (S1) akan di kirim ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan,” kata Darwis kamis (28/01/2016).

Lebih lanjutnya, pengiriman ijazah tersebut adalah untuk mengetahui ijazah yang digunakan benar dikeluarkan di salah satu perguruan tinggi atau hanya dikeluarkan oleh oknum yang di duga illegal. “tujuannya untuk mengetahui apakah ijazah yang dimiliki Asli atau Palsu,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, tentang jumlah Pegawai di boltim yang saat ini menggunakan Ijazah S1 sebagai alat untuk kenaikan pangkat serta mengikuti pengangkatan. “saat ini di Pemkab Boltim tercatat sebanyak 1400 lebih ijazah S1 di gunakan oleh Pegawai, semua kita kumpul dan dikirim untuk dilakukan pemeriksaan keaslianya, karena kita tidak bisa membedakan mana asli atau palsu,” ungkapnya.

Dia juga membeberkan jika saat ini masih banyak yang belum memasukan berkas untuk di kirim ke pusat. “dari total keseluruhan, baru Seribu lebih yang memasukan berkas, dan itu sudah siap di kirim, sedangkan sisanya yang berkisar Empat ratusan lebih masih di tunggu, untuk dimasukan ke BKDD, jika semua sudah rampung maka sisanya akan di masukan pada tahap selanjutnya,” tutupnya.

Dengan dilakukanya pemeriksaan Ijazah S1 oleh setiap perguruan tinggi melalui Pusat, bakal bisa kedapatan oknum yang sengaja menggunakan Ijazah Palsu (Ipal), apalagi saat ini masih sekitar 30 Persen yang belum memasukan berkas tersebut.

Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.