Selain Pencipta Lagu, Zumi Paputungan Juga Miliki Bakat Sutradara Video Klip

0
94

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Selain menulis lagu, mengaransemen dan memainkan musik, zumi paputungan memiliki atensi terhadap proses kreatif lainnya. Pada video klip lagu ciptaannya berjudul ‘Goncang’ yang tayang di youtube beberapa bulan lalu, tak disangka disutradarai langsung oleh pria bernama lengkap Zulfahmi Paputungan ini.  “Ide dan inspirasi video klip ‘Goncang’ tersebut saya susun secara spontan sekitar beberapa jam sebelum pengambilan gambar, mengingat waktu yang mepet juga karena lokasi pengambilan gambarnya, di salah satu coffeeshop yang sering dikunjungi pelanggan,” ujarnya kepada wartawan.

Menurut zumi, awalnya dia mendadak menyusun alur cerita video klip tersebut, untuk menghemat biaya. “Sebagai seniman yang bergerak secara independen (indie), saya memproduksi segalanya dengan memperhitungkan jumlah biaya yang keluar, daripada kemahalan mendingan disusun sendiri,” tambahnya.

Zumi juga mengungkapkan bahwa dirinya memiliki kelemahan dalam penguasaan kamera dan mengedit video, maka dari itu dia meminta bantuan sahabat dekatnya, yakni owner HM Studio Mogolaing, Haris mongilong. “Tidak gampang menjadi sutradara, dan utat Haris banyak memberi arahan tentang bagaimana cara memegang kamera yang benar, juga cara mengedit video. Untuk alur cerita, angle, dan lain-lain saya sendiri yang memikirkan,” ujarnya.

Sejak dirilis di youtube tiga bulan lalu, video klipnya tersebut telah ditonton ribuan pasang mata. Dan, andapun bisa turut menyimaknya dengan mengetik kalimat di kolom pencarian youtube ‘Zumi Paputungan – Goncang (Official Music Video 2019)’ “Selalu support musisi indie daerah sulawesi utara khususnya dari Bolmong Raya, agar bisa dilirik oleh daerah luar,” ujarnya. Dikatakannya, bahwa lagu ciptaannya yang berjudul ‘Goncang’ itu, dalam waktu dekat akan bisa didengar di platform digital android. “Saat ini sedang diproses agar bisa ditemukan di Spotify, joox, dan lain-lain,” tutup Zumi.

 

Tim Totabuan News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.