Soal Pembangunan Bandara di Bolmong, Warga Sebut Jadi Kado Spesial Penghujung Kepemimpinan Bersatu

0
277
Bupati dan Wakil Bupati Bolmong
Bupati dan Wakil Bupati Bolmong
Bupati dan Wakil Bupati Bolmong

TOTABUANEWS, BOLMONG – Pasca ditetapkannya lokasi pembangunan Badar Udara (Bandara) baru di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), pada tanggal 28 Mei 2015 lalu, oleh Menteri Perhubungan (Menhub) RI Ignasius Jonan, melalui Surat Keputusan (SK) nomor KP 279 tahun 2015, Bupati Hi Salihi Mokodongan, tak henti-hentinya bersyukur.

Menurut orang monor satu di Kabupaten Bolmong ini, ditetapkannya lokasi pembangunan Bandara di Desa Lalow Kecamatan Lolak ini, tidak lepas dari doa serta dukungan dari masyarakat di Bolmong Raya khususnya di Bolmong.

“Saya tak habis-habisnya, terus mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bolmong, telah memberikan doa dan dukungan, agar Bandara bisa di bangun di Bolmong,” ucap Mokodongan.

Dikatakannya, jika tidak ada aral melintang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, akan memulai pembangunan Bandara pada tahun ini. “Untuk pembangunan Bandara, dananya ada yang disediakan oleh pusat dan ada oleh daerah. Untuk daerah (APBD) Pemkab Bolmong melalui Dihubkominfo, menganggarkan kurang lebih Rp 4 Miliar, untuk pemagaran dan perataan tanah di lokasi pembangunan Bandara, dan sarana prasarana lainnya. Sedangkan untuk bangunan utama serta landasan Bandara, anggarannya dari APBN,” tutur Mokodongan.

Selain itu, menurut Mokodongan, pembangunan Bandara ini, dapat membuka peluang lapangan kerja. “Kan saat pembangunan sangat membutuhkan tenaga kerja seperti buruh dan lain-lain. Jadi otomatis dapat membuka lapangan kerja. Jadi penganguran juga mudah-mudahan berkurang,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan adanya Bandara ini, diharapkan dapat mengeliatkan perekonomian Bolmong Raya khususnya di Bolmong, karena akses masuk di wilayah BMR sudah terbuka.”Biasanya para investor datang ke BMR, masih menempuh ratusan kilo dengan waktu berjam-jam dari Bandara Samratulangi. Jika Bandara di Bolmong ini telah beroprasi, tidak butuh waktu lama untuk ke BMR,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah element masyarakat, memeberikan apresiasi kepada Pemkab Bolmong yang dipimpin Bupati Hi Salihi Mokodongan dan wakilnya Yanny Ronny Tuuk STh MM (Bersatu), atas keberhasilan jajarannya untuk mendatangan pembangunan bandara di Bolmong.

Salah satunya diungkapkan salah satu tokoh pemuda di Kecamatan Poigar, Wawan Mokodongan.”Ini salah satu prestasi yang luar biasa dari Bupati Hi Salihi Mokodongan, berserta jajarannya,” ucap Wawan.

Menurutnya, keberhasilan melobi anggaran untuk pembangunan Bandara ini, merupakan kado special dipenghujung kepeminpinan Bersatu.”Ada penilaian WDP dari BPK RI Sulut dan pembangunan Bandara, merupakan salah satu keberhasi yang diraih kepeminpinan Bersatu,” tukasnya.

 

KONNI BALAMBA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.