Menelisik Destinasi Wisata Curug Putri kencana

0
511
ilustrasi

TNews, WISATA – Bogor dikenal sebagai kawasan seribu curug. Ada banyak curug yang dikembangkan menjadi destinasi wisata. Curug Putri Kencana menjadi salah satu yang bisa dipilih. Selain airnya segar, udaranya pun sejuk.

Curug Putri Kencana berada di kawasan wisata Gunung Pancar, tepatnya Desa Karang Tengah, kecamatan Babakan Madang, kabupaten Bogor. Dengan pemandangan sekelilingnya yang indah, Curug Putri Kencana pun turut terangkat.

Nama Curug Putri Kencana ini konon diambil dari sebuah cerita mistis. Warga sekitar kabarnya kerap melihat penampakan seorang wanita cantik, yang diibaratkan sebagai seorang putri, yang menunggangi kereta kencana.

Mitos inilah yang kemudian membuat curug ini dinamakan dengan Curug Putri Kencana. Meski punya latar cerita mistis, namun Curug Putri Kencana tetap ramai pengunjung yang ingin berwisata untuk melepas penat.

Keindahan Curug Putri Kencana

Musim kemarau menjadi saat yang tepat untuk berwisata di Curug Putri Kencana. Mata air di kawasan Gunung Pancar akan mengalir dengan jernih pada musim kemarau. Sementara saat musim hujan, air kerap keruh berwarna cokelat.

Air terjun yang datang dari mata air tersebut jatuh dari ketinggian tujuh meter. Air terjun terlihat sangat cantik karena memancur dari sekeliling dinding bebatuan tinggi. Curug Putri Kencana pun terlihat eksotis.

Suasana alam di Curug Putri Kencana juga begitu nikmat. Dengan pepohonan hijau di sekelilingnya, udara segar dan sejuk bisa dirasakan para pengunjung. Bunyi-bunyian tak hanya datang dari air terjun, namun juga suara burung liar.

Ketika air yang mengucur jernih, para pengunjung bisa melihat dasar dari kolam alami dengan jelas. Kolam alami ini memiliki kedalaman hingga enam meter. Para pengunjung pun harus berhati-hati ketika bermain di sekitar air terjun.

Pengunjung tak sekadar datang untuk melihat air terjun saja. Di lokasi ini, para pengunjung juga bisa bermalam, karena pengelola menyediakan lokasi berkemah yang lumayan luas.

Dalam kawasan ini juga tersedia musala, toilet dan listrik. Jadi, ketika bermalam di kawasan Curug Putri Kencana, para pengunjung tak akan hidup dengan situasi “liar-liar” banget.

Warga sekitar juga menjajakan aneka ragam makanan yang bisa dibeli. Makanan dengan rasa yang enak itu dijual dengan harga terjangkau. Sementara untuk berkemah, pengunjung dikenai tarif Rp25 ribu per malam.

Tiket dan Akses Masuk

Tiket masuk ke kawasan ini dibanderol dengan harga Rp25 ribu per orang. Pengunjung yang menggunakan motor juga akan dikenakan biaya parkir Rp10 ribu. Sementara beberapa pengunjung menyebut parkir mobil dipatok sebesar Rp20 ribu.

Dari lokasi parkir menuju loket tak begitu jauh. Para pengunjung tinggal berjalan sebentar saja untuk masuk ke kawasan Curug Putri Kencana. Sambil jalan, para pengunjung bisa menikmati udara segar dan pepohonan hijau.

Demikian pembahasan mengenai Curug Putri Kencana. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

 

 

Sumber : suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.