Serangkaian Tips Traveling Hemat yang Perlu Kamu Tahu

0
84
ilustrasi

TNews, WISATA – Ingin liburan dengan harga tiket, hotel, dan destinasi yang tak menguras kantong? Yuk baca tips perjalanan simpel yang berguna banget untuk menghemat tabungan.

Pegipegi menyebut informasi terkait waktu terbaik memesan tiket pesawat maupun hotel, tipe akomodasi favorit, hingga referensi yang cocok untuk budget traveler, plus destinasi favorit sepanjang tahun 2021 yang diambil berdasarkan data internal Pegipegi.

Data ini berguna bagi kamu untuk referensi traveling hemat lho. Apa saja ya?

  1. Tips Memesan Tiket Pesawat

– Waktu Terbaik untuk Dapat Tiket Harga Terjangkau

Berdasarkan data internal Pegipegi, waktu ideal untuk memesan tiket pesawat adalah pukul 22.00 WIB. Jika memesan tiket pesawat pada waktu tersebut, travelers bisa berhemat sekitar 7-10%.

Ada hari tertentu yang bisa diterapkan untuk mendapat harga lebih murah dibandingkan hari lainnya, yaitu di hari Minggu dengan potensi biaya yang dapat dihemat atau potential savings sebesar 2-4%. Sedangkan day of week terbaik untuk keberangkatan adalah hari Jumat, dengan potential savings sebesar 3-4%.

– Periode Terbaik untuk Pemesanan Tiket Pesawat

Periode terbaik untuk memesan penerbangan domestik berada di kisaran 27-39 hari sebelum keberangkatan dengan potential savings sampai 13%.

– Keuntungan Pesan Tiket Pesawat Melalui Online Travel Agent (OTA)

Salah satu keuntungan memesan tiket transportasi dan akomodasi secara online yaitu adanya berbagai promo yang ditawarkan. Selain itu, membeli secara online juga mempermudah untuk menyesuaikan akomodasi dan transportasi sesuai kebutuhan.

  1. Tips Pesan Hotel untuk Dapat Harga Terbaik

– Hari Ideal untuk Booking Hotel

Berdasarkan insight yang diperoleh, hari Senin dan Minggu adalah hari dengan harga hotel yang lebih terjangkau dibandingkan dengan hari lainnya. Pada kedua hari ini, travellers dapat menghemat sekitar 3-12%. Sedangkan harga kamar tertinggi terjadi pada hari Jumat dan Sabtu.

– Staycation yang Lebih Hemat

Booking dan stay di hotel di luar musim liburan menjadi waktu yang tepat untuk travelers menghemat mulai dari 5-20%. Pada musim liburan akhir tahun, kenaikan harga satu kamar hotel akan jauh lebih tinggi 20% dibanding musim libur atau hari biasa lainnya.

– Bergabung dengan Loyalty Program

Loyalty program tentunya akan menawarkan keuntungan tersendiri pada setiap member. Seperti halnya yang ada di Pegipegi. Bagi para member Pegipegi yang ingin melakukan pemesanan hotel via aplikasi, akan mendapat tambahan diskon hotel sampai dengan 10% di hotel-hotel pilihan.

  1. Berkunjung ke destinasi budget

Berdasarkan data internal Pegipegi, Bali adalah salah satu kota dengan harga kamar hotel budget termurah. Diikuti oleh Solo, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang.

Kelima kota besar ini cocok menjadi pilihan para budget travelers, karena memiliki Average Daily Rate (ADR) atau rata-rata harga harian untuk hotel bintang 1 hingga 3 berkisar antara Rp 170.197 sampai dengan Rp 218.627 per malam.

Sedangkan, area Puncak Bogor menjadi destinasi budget hotel tertinggi dibanding kelima kota di atas dengan harga sekitar Rp 336.000 per malam.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.