Wisata Indah Bawah Tanah Candi Sambisari

0
117

TNews, WISATA – Candi Sambisari merupakan candi yang berada di kedalaman 6,5 meter dari atas permukaan tanah setempat. Salah satu jujugan wisata di Yogyakarta.

Candi Sambisari sangat unik dengan keberadaannya yang tersembunyi di bawah tanah. Candi itu tepatnya berada di Jl. Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tak cuma lokasinya yang ada di bawah tanah, Candi Sambisari juga menarik karena ditemukan tak sengaja oleh seorang petani yang bernama Karyowinangun pada 1996. Waktu itu, dia sedang mencangkul di sawah miliknya dan tidak sengaja ujung cangkulnya membentur bagian candi hingga akhirnya para peneliti purbakala tertarik untuk menggalinya.

Dari hasil penelitian, Candi Sambisari merupakan candi Hindu yang dibangun pada abad kesembilan. Candi itu merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno yakni pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung.

Candi itu dipugar hingga selesai pada 23 Maret 1987 oleh direktur Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang waktu itu dipimpin oleh Prof. Dr. Haryati Soebadio.

Pada saat penggalian candi, ditemukan juga benda-benda lainnya. Di antaranya, perhiasan, tembikar, prasasti, dan cermin logam.

Candi Sambisari juga unik dengan hanya memiliki satu candi utama dan terdapat beberapa candi pendamping. Pada bagian sisi luarnya juga terdapat relung Patung Durga Mahisasiramardini, Ganesha, Agastya, Mahakala, dan Nandiswara.

Kini, Candi Sambisari menjadi objek wisata, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Harga tiket masuk tidak mahal-mahal cuma Rp 5.000 untuk turis lokal dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing.

Candi Sambisari ini dibuka untuk umum dan setiap harinya dibanjiri turis. Itu sebelum wabah virus Corona, ya. Pengunjung melakukan aktivitas beragam di sana, dari foto hingga memang ingin tahu sejarah candi tersebut.

Pengunjung dapat menikmati wisata Candi Sambisari ini baik dari atas maupun dari bawah. Jika pengunjung ingin melihat bentuk dari keseluruhan candi makan pengunjung cukup melihatnya dari atas. namun jika ingin melihat dengan jarak dekat pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga hingga mencapai bawah.

Tertarik untuk mengunjungi Candi Sambisari di Yogyakarta?

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.