Jogja Republik Onthel #3 Siap Digelar di Stadion Kridosono 14-15 Oktober 2023

0
178
Gambar : Presiden JRO Muntowil, memaparkan agenda JRO #3 dalam konferensi pers di Hotel Neo Malioboro - Neo Sky Lounge Jalan Pasar Kembang Yogyakarta, Kamis (12/10/2023). Foto: Clementine Roesiani.

TNews, YOGYAKARTA – Jogja Republik Onthel (JRO), Event Onthel yang sangat dirindukan para pecinta onthel (Onthelis) akan digelar pada 14-15 Oktober 2023 di Stadion Kridosono. JRO #3 yang mengambil tema “Palawija” digelar untuk mengobati para Onthelis setelah vakum karena situasi dan kondisi. Digelarnya acara JRO #3 ini untuk lebih menguatkan rasa persaudaraan dan kembali menjalin tali silaturahmi para Onthelis Nusantara.

Target Event ini akan diikuti kurang lebih 2000 Onthelis yang tergabung dalam wadah Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), seperti Kosti Pusat Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan dari Bali.

Acara dibuka pada pukul 07.00-22.00 WIB, dan bagi pengunjung akan disediakan Doorprize berupa 5 sepeda Onthel, serta banyak Games dengan hadiah Voucher.

Pada Event kali ini ada beberapa agenda acara, seperti: kirab sepeda Onthel, pasar klitikan dan pasar kuliner. Juga pemberian Piagam Sego Segawe yang diberikan kepada masyarakat yang bekerja atau sekolah masih menggunakan sepeda.

Untuk nominasi penerima Piagam Sego Segawe sudah ditentukan oleh panitia. Ada 3 nama, yakni: Muhammad Sholeh (bekerja bekerja sebagai loper koran), Sudilah (buruh gendong di Pasar Beringharjo) dan Juli Arna Tri Sundari (pelajar). Ketiganya ini masih menggunakan sepeda dalam aktivitas kesehariannya.

Dalam konferensi persnya di Hotel Neo Malioboro, Kamis (12/10/2023), Presiden JRO Muntowil mengatakan, gelaran JRO #3 ini mengandung ajakan supaya masyarakat modern bisa mewujudkan “Ketahanan Pangan”, seperti pada era terdahulu bahwa ketahanan pangan yang dilakukan nenek moyang kita adalah dengan cara bercocok tanam di kebun, sawah, maupun ladang.

“Rangkaian acara ini juga ada pembagian bibit pohon kepada masyarakat. Ini adalah bagian dari tanggung jawab bersama dan sebagai contoh kepada masyarakat agar peduli terhadap lingkungan dengan melakukan penghijauan yang dimulai dari lingkungan sekitar.”

Muntowil menambahkan, tujuan Event ini selain mempromosikan pariwisata Kota Yogyakarta, juga mengkampanyekan kembali gerakan bersepeda beserta fasilitas pendukungnya yang tertuang dalam Deklarasi Jogja Republik Onthel dan mengembalikan Kota Yogyakarta sebagai Kota Sepeda.*

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.